Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat



Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat


Menderita asam urat sudah pasti akan sangat mengganggu gerak aktivitas Anda sehari-hari. Hal ini dikarenakan tulang atau sendi Anda akan merasakan nyeri yang teramat sangat sakit. Penyakit ini memang menyerang persendian manusia. Salah satu penyebab penyakit ini adalah karena urid acid yaitu salah satu produk yang dihasilkan oleh tubuh manusia saat memecah purin kemudian menumpuk di persendian yang mengakibatkan sendi akan menjadi ngilu dan nyeri.

Bagi Anda yang menderita penyakit, jangan sekali-kali untuk makan makanan sembarangan, apalagi makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Akan tetapi, ada juga beberapa makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit tersebut namun dengan frekuensi yang jarang atau ada jangka batasan waktu untuk boleh mengkonsumsi makanan tersebut. Penyakit ini umumnya memang di derita oleh mereka yang sudah berumur, namun Anda yang masih muda juga tidak boleh menganggap remeh penyakit ini, karena saat ini ada beberapa kasus anak muda yang sudah terkena penyakit ini dikarenakan pola makan mereka yang tidak sehat.

Ada beberapa makanan yang memang harus dihindari oleh penderita penyakit yang menyerang persendian manusia ini. Di bawah adalah beberapa daftar makanan yang tidak boleh atau dianjurkan oleh ahli medis untuk tidak di konsumsi oleh penderita asam urat. Berikut ini adalah daftarnya:

  • Seafood seperti kerang, udang , ataupun kepiting.
  • Kaldu Daging
  • Jeroan yang di dalamnya termasuk jantung, ginjal, hati, paru, usus, limpa sampai otak.
  • Produk olahan daging seperti sosis.
  • Bebek dan burung.
  • Olahan ikan seperti sarden dan makarel.
  • Minuman yang banyak mengandung soda dan alkohol.
  • Makanan yang mengandung ragi
Selain makanan tersebut di atas yang menjadi pantangan untuk penderita penyakit tulang dan sendi, ada juga makanan yang dianjurkan untuk di konsumsi dan diperbolehkan untuk di konsumsi oleh penderita penyakit ini. Contohnya yaitu diperbolehkan makan daging atau ayam namun jumlahnya dibatasi, ikan tongkol, tengiri, bawal, dan bandeng juga boleh dikonsumsi namun juga ada batasannya yaitu 50gram/ hari. Anda diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks, seperti buah-buahan, sayur serta gandum. Batasi makanan yang mengandung banyak protein, serta minumlah air putih yang banyak setelah makan.

Ada satu hal penting yang perlu Anda ingat, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin c juga dapat mengurangi kadar yang menjadi penyebab munculnya penyakit tersebut. Makanan yang mengandung banyak vitamin c dapat mengontrol kadar asam dalam tubuh Anda melalui ginjal. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung banyak vitamin c. Namun alangkah lebih baik apabila Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter seberapa banyak suplemen vitamin c yang boleh dikonsumsi untuk penderita penyakit sendi.

Sebagai penderita asam urat Anda harus pintar dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi. Apabila Anda sembarangan dalam mengkonsumsi suatu makanan efeknya juga akan sangat banyak untuk tubuh Anda. Apabila Anda sering menderita nyeri atau sakit pada persendian Anda, segera konsultasikan dengan dokter dan ceritakan dengan jelas keluhan yang Anda alami sehingga Anda akan mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. Lakukan medical check-up bila perlu sehingga Anda memiliki riwayat catatan kesehatan tubuh Anda. Hal tersebut juga akan membuat Anda merasa lebih tenang karena hanya Anda yang bisa merasakan apapun yang terjadi dalam tubuh Anda.