Cara Praktis Membuat Suki Tomyam

Saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati makanan khas dari berbagai daerah, karena sudah banyak restoran yang menyajikan makanan dari khas dalam negeri maupun luar negeri. Walaupun rasanya tidak seperti di tempat asalnya, tetapi hal ini dapat dilakukan untuk menghemat biaya. Salah satu restoran yang banyak dijumpai di Indonesia adalah restoran masakan jepang. Masakan jepang dirasa paling cocok dengan lidah orang Indonesia. Restoran jepang biasanya menyediakan aneka olahan mie, ikan, maupun daging. Selain itu, ada juga sukiyaki dan shabu-shabu.

Sukiyaki dan shabu-shabu merupakan makanan khas jepang, yang biasanya disajikan di dalam panci yang dipanaskan terus-menerus di atas kompor. Anda bisa memasukkan aneka sayuran, daging, ataupun bakso di dalamnya. Sekilas sukiyaki mirip dengan shabu-shabu, tetapi sebenarnya kedua makanan ini memiliki perbedaan. Sukiyaki dimasak dalam kuah yang diberi sedikit bumbu, sedangkan shabu-shabu dimasak dengan kuah tanpa bumbu. Setelah matang, daging sukiyaki biasanya dicelupkan dalam kocokan telur, sedangkan daging shabu-shabu dicelupkan dalam saus.


Ada beberapa jenis kuah yang dimasak dengan sukiyaki, salah satunya adalah kuah tomyam. Suki tomyam disajikan dengan kuah tomyam yang segar dan terasa agak asam. Selalu makan di restoran tentunya akan menghabiskan uang makan Anda. Suki dengan kuah tomyam sebenarnya sangat mudah untuk dibuat dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Berikut resep pembuatan suki kuah tomyam.

1. Bahan Pembuatan Suki Kuah Tomyam

Untuk membuat suki ini, Anda harus menyiapkan bahan untuk bumbu halus, bumbu kasar, serta bahan pelengkap. Bahan untuk membuat bumbu halus adalah 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 3 butir kemiri, dan 5 buah cabai keriting. Bahan untuk membuat bumbu kasar adalah 1 ruas lengkuas yang telah dimemarkan, 1 jahe yang telah dimemarkan, 3 lembar daun jeruk nipis, 1 sdm perasan air jeruk nipis, 1 sdm saus tiram, 1 sdt cabai bubuk, dan merica secukupnya. Sedangkan bahan pelengkap yang disiapkan adalah 15 bakso seafood, jamur enoki secukupnya, sawi putih, dan pakcoy. Bahan pelengkap bisa diganti sesuai selera.

2. Bahan saus celupan

Daging sukiyaki yang sudah matang biasanya dicelupkan dalam saus. Untuk membuat saus celupan, bahan yang dibutuhkan adalah sambal botolan, kecap asin, dan air kaldu. Pembuatannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan tersebut.

3. Cara pembuatan Suki kuah tomyam

Untuk membuat suki tomyam yang segar dan lezat tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, cara pembuatannya juga mudah dan dapat dilakukan di rumah. Berikut cara pembuatannya.

  • Tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan lengkuas, jahe, cabe bubuk, dan merica secukupnya
  • Tuangkan air kaldu secukupnya dan masak hingga mendidih
  • Masukkan saus tiram, garam, dan gula
  • Masukkan bakso seafood, jamur enoki, sawi putih, dan pakcoy, dan masak hingga matang
  • Masukkan air jeruk nipis untuk menambah rasa asam yang segar.


Suki Street, Sukiyaki Instan dengan Kuah Tomyam Segar

Anda tidak perlu repot-repot membuat suki tomyam sendiri, karena ada SukiStreet. Suki Street merupakan makanan jepang instan jenis sukiyaki yang sehat dan lezat. Suki street dilengkapi dengan kuah tomyam yang segar dan kaya akan rempah-rempah. Bahan yang digunakan dalam uki Street juga terjamin dan telah diolah dengan teknologi modern. Anda tidak perlu khawatir tentang keamanannya, karena Suki Street telah dilengkapi dengan sertifikat halal dari MUI.